Blogroll

https://pasarhots.blogspot.co.id/2018/02/pasang-banner-bisnis-murah.html

Monday, September 26, 2011

Resep Bikin Kopi Super Manteb

Klop pas banget tenan wis Resya...kamu ternyata penggemar kopi juga ya? Kalo aku suka kopi arabica. Ada 3 jenis kopi: arabica, robusta n liberica. Yang terakhir itu juarang buanget, katanya konon rasanya selangit, tapi mbuh wong aku belom pernah.
Arabica yang paling enak menurut aku adalah Kalosi Toraja, terus Mandheling dari Sumut, dua ini kuat aromanya. Kalo arabica yang lembut ya Java, ini lembut, biasa dari Jatim, dan ada lagi yang cukup distinctive yaitu Bali arabica.
Specialty coffee ada lagi yaitu kopi luwak, yang asli lho. Kalo mau cari di Jakarta tinggal ke cafe'nya Tugu Luwak, beli yang medium roast atau dark roast, itu 3% terdiri dari kopi luwak asli. Kalo mau luwak asli mahal tuh.....
Untuk resep......bentar nyusul aku send ini posting dulu, ntar kepanjangan......SALAM KOPI ya....

Kopi standard bisa tubruk, bisa pake mesin, aku lebih suka pake mesin kopi, coffee maker Philips punya...biasa aku pake 2 sendok munjung kopi asli (tanpa campuran jagung) di filter'nya. Terus untuk ngirit listrik, aku isi air panas dari dispenser, soalnya kalo air biasa, butuh waktu n konsumsi listrik tinggi.

Aku biasa minum item thok, tanpa susu/krim n tanpa gula. Kombinasi ke 2, cuma pake susu thok, biasa aku pake susu bubuk full cream, atau pake krim kental yang botolan itu. Aku ndak pernah pake creamer, gak enak kurang mantep.

Kombinasi ke 3, pake serbat. Di Semarang ada toh, yang jual serbat butiran guede yang bungkusnya kertas warna coklat itu. Di sini aku gak pernah nemu tuh....jadi ya beli serbat sachet merek Intra.....

sambung lagi......

Kombinasi 4: pake jahe. Ada 2 cara, cara praktis, beli jahe wangi sachet, merek Intra juga. Cara repot dikit, ambil jahe tua yang besar (ciri jahe tua, kulit warna coklat gelap n kalo digosok gak terkelupas), dibakar di atas api, dikupas kulitnya, dikeprek, terus dikasi air, n digodok. Airnya untuk bikin kopi tubruk. Kalo gak kuat pahit, ya tambah gula, ini uenak pol.....

Kombinasi 5: irish coffee ala kita sendiri. Kalo ada rum pake rum, kalo gak ada pake itu aja Putaw Cheechew, beli di supermarket banyak sih, botol kecil aja. Bikin kopi, kalo bisa disaring or pake coffee maker, jangan kopi tubruk. Terus pake krim/susu, gula (or tanpa gula), terus dikasi itu rum or putauw cheechew'nya. Catatan putauw cheechew ini semacem arak fermentasi.

lanjut......
Kombinasi 6: sama dengan yang ke 5 tadi, tapi rum or putauw cheehew tambah belakangan, masukkan ke blender, masukkan es batu yang banyak, terus di'blender, baru dimasukkan rum/putauw cheechew tadi....

Kombinasi 7: semua sama, kopi, krim/susu, terus ambil sepotong kayu manis, pake untuk ngaduk...hhhhmmmmmm......

Sementara itu dulu ya, nanti kalo inget yang laen aku susulkan......SALAM KOPI lagi.....
 ========================================================================

Perhatian, bagi yang baru pengen minum kopi.. jangan kuatir, ada resep yang tanpa kombinasi dan dijamin bikin seger

Gini:
1 sdt gula pasir
2 sdt kopi Dark roast
3/4 air panas (jangan mendidih banget, it burns the coffee)
--di-udek2
1/4 susu non-fat.
--di-udek2 lagi bentar.

Sediakan biscuit SAO.

Dan gitu saja... tanpa kombinasi


No comments:

Paling banyak dibaca