Blogroll

https://pasarhots.blogspot.co.id/2018/02/pasang-banner-bisnis-murah.html

Saturday, June 28, 2014

2 minggu jelang pencoblosan, bisakah Prabowo kejar Jokowi?

MERDEKA.COM. Pasangan kedua capres dan cawapres, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Jokowi-Jusuf Kalla terus bersaing ketat berebut elektabilitas dalam Pilpres 9 Juli nanti. Terlebih, waktu keduanya kian mepet jelang pencoblosan.

Menurut pengamat politik Universitas Jayabaya Igor Dirgantara, tren kedua pasangan tersebut memang mengalami kenaikan. Namun, pasangan Prabowo-Hatta tampak signifikan alami peningkatan.

"Tren biasanya tidak bakal bergeser dalam jangka waktu pendek, sedangkan Pilpres tinggal hitungan hari. Saya perhitungkan, dalam dua pekan ke depan ini, tren elektabilitas Prabowo akan terus naik," kata Dirgantara di Jakarta, Jumat (27/6) malam.

Dirgantara menuturkan, kenaikan Prabowo-Hatta lantaran koalisi partai yang mendukungnya memiliki kekuatan solid. Terlebih, mesin politik juga diisi para politisi elit.

"Gerindra dan PKS sudah pasti solid. Golkar memiliki infrastruktur yang telah mengakar sejak lama. Parpol sesama Koalisi Merah Putih juga sama baiknya," ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Dirgantara, pada kubu Jokowi-Jusuf Kalla hanya mengalami sedikit kenaikan elektabilitas. Selain itu, menurutnya, publik juga menyoroti soal kinerja Jokowi. Terlebih, beberapa waktu lalu ada kabar soal kebocoran APBD DKI Jakarta.

"Bagaimanapun juga, ini berpengaruh. Padahal tinggal dua pekan lagi pilpres dilakukan," terangnya.

Sebelumnya, Survei LIPI yang dirilis tanggal Kamis 26 Juni 2014 menyimpulkan, elektabilitas Jokowi - JK sebesar 43%, sedang elektabilitas Prabowo - Hatta sebesar 34%. Atau terpaut 9%. Namun, pemilih yang belum menentukan sebesar 23%.

Survei yang dibiayai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ini menggunakan metode multistage random sampling. Responden survei ini sebanyak 790 orang, di 17 propinsi dengan margin of error 3,51% dan tingkat kepercayaan 95%. Data diambil dari 5 hingga 24 Juni 2014.

No comments:

Paling banyak dibaca