Blogroll

https://pasarhots.blogspot.co.id/2018/02/pasang-banner-bisnis-murah.html

Thursday, June 26, 2014

Lembaga Survei Terpercaya Tetap Unggulkan Jokowi-JK

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mendekati pemilihan presiden 9 Juli 2014, hasil survei sejumlah lembaga survei terpercaya tetap mengunggulkan pasangan calon presiden-calon wakil presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla dibandingkan dengan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Posisi tersebut diperkirakan tetap bertahan hingga pelaksanaan pilpres.
Hasil-hasil survei yang dipublikasikan lembaga-lembaga survei tersebut merupakan survei terbaru yang dilakukan hingga pertengahan Juni. Lembaga-lembaga survei ternama dan terpercaya tersebut di antaranya Populi Center, Harian Kompas, Soegeng Sarjadi Syndicate Government (SSSG), Lingkaran Survei Indonesia (Denny JA), Alvara Research Center (ARC), Indikator Politik, Pol Tracking Institute, dan Cyrus Network serta Indo Barometer.
Hasil survei harian Kompas yang dilansir pada Sabtu pekan lalu (21/6) menyebutkan Jokowi-JK unggul dengan 42,3% sedangkan Prabowo-Hatta 35,3%. Survei Kompas juga secara rinci menyebutkan Jokowi-JK unggul di Jawa, Sumatera, Kalimantan, serta Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.
Sedangkan untuk kelas sosial, Jokowi-JK unggul untuk lapisan kelas menengah dan kelas bawah. Namun untuk kelas atas, Jokowi-JK sama dengan Prabowo-Hatta.
Selain survei Kompas, hasil survei SSSG juga menyebutkan Jokowi-JK unggul dengan 42,65% dan Prabowo-Hatta sebesar 28,35%. Sisanya 29% menjawab tidak tahu.
Demikian juga hasil survei Populi Center. Survei lembaga itu yang dirilis pada Rabu (4/6) menyebutkan pasangan Jokowi-JK meraih 47,5%, sedangkan Prabowo-Hatta sebesar 36,9%.
Lingkaran Survei Indonesia (LSI) juga menempatkan Jokowi-JK teratas. Menurut lembaga survei pimpinan Denny JA tersebut, publik yang mendukung Jokowi-JK mencapai 45%, sementara yang mendukung Prabowo-Hatta sebesar 38,7%
Lembaga survei lainnya, Alvara Research Center juga dalam surveinya menempatkan Jokowi-JK pada urutan teratas. Elektabilitas pasangan itu menurut lembaga survei tersebut yang dirilis Kamis (5/6) sebesar 38,8% sedangkan Prabowo-Hatta sebesar 29,0%.
Hasil survei Indikator Politik juga menempatkan Jokowi-JK pada posisi lebih tinggi dibandingkan dengan Prabowo-Hatta. Dalam hasil survei yang baru dipublikasikan tersebut, lembaga yang dipimpin Burhanuddin Muhtadi tersebut menyebutkan elektabilitas Jokowi-JK sebesar 31,8% sedangkan Prabowo-Hatta sebesar 19,8%.
Survei Indo Barometer pimpinan Nuhammad Qodari juga mengunggulkan Jokowi-JK dengan 49,9% dan Prabowo-Hatta dengan 36,5%. Survei tersebut juga mengatakan Jokowi-JK unggul di banyak provinsi.
"Jokowi-JK unggul di Provinsi Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Sulawesi Selatan," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari di Jakarta, Selasa (17/6).
Berdasarkan pulau, lanjut Qodari, Jokowi-JK tak hanya unggul di wilayah Jawa, tapi juga di luar Jawa, seperti Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Papua.
Survei Pol Tracking Institute juga mengunggulkan Jokowi-JK unggul 48,05% sedangjkan Prabowo-Hatta sebesar 41,1%. Sedangkan lembaga survei Cyrus menyebutkan Jokowi-JK unggul 53,6% atas Prabowo-Hatta sebesar 41,1%.
Kesimpulan hasil survei lembaga-lembaga survei terpercaya tersebut menegaskan bahwa Jokowi-JK tetap unggul atas Prabowo-Hatta serta Jokowi-Hatta unggul secara merata di semua wilayah serta juga unggul di kelas bawah dan kelas menengah.

No comments:

Paling banyak dibaca