Blogroll

https://pasarhots.blogspot.co.id/2018/02/pasang-banner-bisnis-murah.html

Tuesday, July 15, 2014

Harga Tiket Bus Malam Telah Naik Rp 20 Ribu, Jelang Lebaran

TRIBUNNEWS.COM, MAGELANG - Sejumlah agen tiket bus di terminal Tidar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Magelang mengaku belum ada lonjakan penumpang mendekati lebaran tahun 2014 ini.
Namun demikian, harga tiket untuk beberapa jenis bus sempat mengalami kenaikan sejak libur panjang sekolah atau tiga minggu menjelang lebaran.
Salah satu pemilik kios agen tiket bus malam, Susi (53) menjelaskan, harga tiket bus sempat mengalami kenaikan Rp20 ribu hingga Rp25 ribu saat liburan sekolah beberapa minggu lalu.
Kenaikan itu, ujarnya, merupakan kebijakan dari beberapa Perusahaan Otobus (PO).
“Yang naik harga tiketnya hanya bus-bus tertentu. Untuk jurusan Magelang-Jakarta, dan Magelang-Bandung. Namun, sekarang sudah normal ke harga reguler,” ujar Susi saat ditemui Tribun Jogja, Senin (14/7/2014).
Susi memperkirakan puncak kenaikan harga tiket akan mencapai 100 persen, dan akan terjadi pada arus mudik maupun arus balik Lebaran nanti.
Dia memperkirakan, kenaikan harga tiket bus sebesar 100 persen dari harga standar akan terjadi sejak H-5 lebaran nanti.
Harga ini juga akan naik hingga sekitar H+4 lebaran.
“Beberapa bus sudah memberikan daftar kenaikan tarif yang berlaku mulai tanggal 19 Juli nanti. Pasti nanti disusul bus-bus lainnya,” paparnya.
Pemilik kios tiket A5 ini menambahkan, hingga saat ini pesanan tiket dan penumpang di terminal Tidar masih sangat sepi.
Kondisi ini sudah terjadi selama beberapa tahun terakhir. Dimana, setiap kali mudik dan balik, banyak pemudik yang memanfaatkan carteran, bus gratis, dan naik sepeda motor pribadi.
“Selain itu di Terminal Tidar Magelang H-Lebaran biasa hanya menurunkan penumpang saja. Nah, setelah Lebaran baru pemudik ke terminal untuk kembali bekerja di luar kota,” jelas dia.
Pemilik Agen Tiket Bus lainnya, Titin Pujiningsih memaparkan, sejumlah PO saat ini sudah mengumumkan harga untuk puncak arus balik Lebaran nanti.
Untuk kelas ekonomi AC jurusan Jakarta yang biasanya dijual Rp150 per tiket, pada puncak arus balik sudah menetapkan harga Rp250 ribu - Rp300 ribu per orang untuk tujuan Ibukota.
Dimungkinkan, semakin jauh tujuan pemudik ini akan semakin mahal pula tiket yang dibeli.
”Rata-rata semua tiket sudah baik, karena BBM sekarang juga mahal,” tandasnya.

No comments:

Paling banyak dibaca